BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Friday, April 18, 2014

Jokowi telah kerucutkan nama cawapres idealnya


Jokowi telah kerucutkan nama cawapres idealnya



JAKARTA. Bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Joko Widodo mengaku telah mengantongi nama calon wakil presiden pendampingnya.

Menurut Jokowi, ia sendiri yang akan memutuskan siapa cawapres yang akan mendampinginya dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. "Sudah mengerucut (nama cawapres). Tapi, tetap belum (diputuskan)," kata Jokowi, di rumah dinasnya, di Taman Suropati 7, Jakarta, Jumat (18/4/2014).


Jokowi menjelaskan, peluang nama cawapresnya dapat datang dari kalangan manapun. Baik dari kalangan militer, profesional, maupun ahli ekonomi. Selain itu, Jokowi juga membuka peluang calon wakil presidennya datang dari kaum muda maupun tokoh yang sudah tua.

Alumnus Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu juga tak memandang cawapresnya dari jenis kelamin. "Pokoknya semuanya (masuk) hitungan. Yang pasti keputusannya ada di saya," kata Jokowi.

Berulang kali pula, Jokowi memberi sinyal akan mengumumkan lima nama kandidat cawapresnya. Kendati demikian, hingga kini, Jokowi belum mengumumkannya.

Sebelumnya diberitakan Sekjen DPP PDI-P Tjahjo Kumolo mengatakan pihaknya selektif untuk menentukan calon wakil presiden yang bakal mendampingi Jokowi. Kriteria pertama adalah sosok yang memiliki komitmen menjadi wakil presiden selama lima tahun dan mampu memposisikan diri tidak melampaui kewenangan presidennya.

Kriteria selanjutnya, bakal cawapres harus mampu memperkuat sistem presidensial, memiliki program pro rakyat dan bersungguh-sungguh mengimplementasikan Trisakti Bung Karno.

DI sisi lain, Jokowi mengungkapkan tidak memilih-milih dalam nama bakal cawapresnya. Tokoh-tokoh yang terpilih dapat dari bidang hukum, ekonomi, militer, profesional, dan lainnya.

Di antara nama-nama figur yang mengemuka, seperti mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD, Ketua KPK Abraham Samad, Menko Perekonomian Hatta Radjasa, mantan KSAD TNI Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Jenderal Moeldoko, serta Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama. 

(Kurnia Sari Aziza)
Editor: Dikky Setiawan
Sumber: Kompas.com
Jumat, 18 April 2014 | 17:02 WIB 
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger