BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Tuesday, April 15, 2014

"Koalisi Demokrat dan PDI-P, Mau tapi Malu"

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi




JAKARTA, Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi menilai, Partai Demokrat saat ini sudah ingin berkoalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Hanya, dia memprediksi bahwa partai yang dipimpin Susilo Bambang Yudhoyono itu masih menunggu sikap Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

"Demokrat jelas ingin koalisi dengan PDI-P yang punya daya tawar tinggi, tapi mereka masih malu-malu karena masih menunggu sinyal positif dari Megawati," kata Burhanuddin, Selasa (15/4/2014) siang, di Jakarta.

Menurut dia, perseteruan antara Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dan Megawati membuat Demokrat ragu-ragu mendekati PDI-P. Akibatnya, Partai Demokrat kini bimbang memilih antara PDI-P yang memiliki peluang menang dan Gerindra yang sudah mulai memberikan sinyal positif untuk berkoalisi.

"Kalau mereka sudah merapat ke Gerindra, tidak bisa lagi ke PDI-P. Lagi pula, di sekitar SBY banyak jenderal yang anti-Prabowo karena melihat rekam jejak Prabowo masih punya masa lalu yang tidak layak dikenang," ujarnya.

Berdasarkan hasil hitung cepat lembaga-lembaga survei, Partai Demokrat diperkirakan mendapatkan suara lebih kurang 10 persen pada Pemilu Legislatif 2014. Partai Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain jika ingin mengusung capres ataupun cawapres karena ambang batas pencalonan presiden sebesar 20 persen kursi di DPR RI atau 25 persen suara nasional.

Adapun Partai Gerindra dan PDI-P mendapatkan perolehan suara lebih tinggi. PDI-P berada pada posisi teratas dengan mendapatkan suara sekitar 19 persen dan Partai Gerindra berada pada posisi ketiga dengan suara sekitar 12 persen. Hasil hitung cepat ini bukan hasil resmi. Hasil resmi perolehan suara akan diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum pada awal Mei 2014.

Penulis: Ihsanuddin
Editor : Laksono Hari Wiwoho
 
KOMPAS.com — Selasa, 15 April 2014 | 19:28 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger