BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Saturday, April 19, 2014

Minggu, kejutan besar deklarasi Jokowi-Jusuf Kalla siap maju Pilpres




Tanda tanya besar siapa Cawapres yang bakal mendampingi Capres Jokowi yang diusung PDI Perjuangan, akhirnya terjawab. Rencananya, Minggu besok (20/4/14), akan digelar deklarasi pasangan Jokowi-Jusuf Kalla (JK) di Jalan Cilandak Raya, KKO No 101, Jakarta Selatan.

Acara deklarasi ini, ketika dikonfirmasikan LICOM pada Koordinator Relawan Jokowi-Jusuf Kalla, Radius Anwar, pihaknya membenarkan. Menurutnya, deklarasi rencananya dilangsungkan Pukul 15.00 WIB. Mengusung tema Deklarasi Jokojek “Rapopo Raiso opopo”.
 
Tentang siapa saja yang akan hadir dalam acara deklarasi itu, Radius belum bisa memastikan. Tapi, kabar yang beredar di kalangan media, bahwa acara deklarasi ini dihadiri Jokowi dan Jusuf Kalla.
“Tentang siapa saja yang akan datang, saya belum mendapatkan konfirmasi,” jelas Radius Anwar kepada LICOM, Sabtu sore (20/4/14).

Digelarnya rencana deklarasi ini, praktis menjadi sinyal bahwa pasangan Pilpres Jokojek akan semakin menguat untuk bisa mulus bertarung di Pemilihan Presiden 9 Juli mendatang. 

Diketahui, lembaga survei Pusat Data Besatu (PDB) pimpinan Prof Didik J Rachbini menelisik elektabilitas Jokowi-Jusuf Kalla, memang menempatkan pasangan ini paling unggul dibanding pasangan Capres-Cawapres lain yang bakal maju Pilpres 2014. 

Elektabilitas Joko dan mantan Wapres Jusuf Kalla, bahkan berselisih separuh jika dibanding Prabowo jika dipasangkan dengan Hatta Rajasa (PAN). Jokowi-Jusuf Kalla mendapatkan 18%, sedang Prabowo-Hatta Rajasa hanya 9%. 

Lembaga survei ini juga mengukur elektabilitas Jokowi jika dipasangkan dengan Hatta Rajasa (PAN) berada di urutan ketiga dengan presentase 6,5%. Bahkan, Jokowi jika digandengkan dengan kader unggulan PDIP Puan Maharani perolehannya hanya mencapai 4%. 

Posisi Jokowi-Puan itu menurut survei PDB, selisih tipis dengan Anurizal Bakrie-Mahfud MD yang mencapai perolehan 4,1%. Kedua pasangan itu masih kalah dibanding pasangan Dahlan Iskan-Chairul Tanjung yang memperoleh 5%. 

PDB melakukan survei itu menggunakan metode wawancara via telepon pada 7-14 Maret 2014, sebelum Jokowi ditetapkan capres PDIP. Responden berjumlah 1.500 orang hasil pilihan acak dari buku telepon 170 kota di 33 provinsi di Indonesia. Margin of error survei ini 2,5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Sementara itu, adanya deklarasi Jokojek apakah sinyal kuat bahwa PDI Perjuangan bakal menggandeng PKB, yang merupakan partai sejak sebelum Pemilu Legislatif 9 April, memunculkan figur JK sebagai kandidat Capres-nya, memang belum ada keterangan resmi.
Ini daftar hasil lengkap survei pasangan capres-cawapres versi PDB:

1. Jokowi-JK : 18,8%
2. Prabowo-Hatta : 9%
3. Jokowi-Hatta: 6,5%
4. Dahlan Iskan-Chairul Tanjung : 5%
5. Aburizal Bakrie-Mahfud MD: 4,1%
6. Jokowi-Puan : 4%
7. Pasangan lainnya : 21,5%
- Tidak tahu: 31,1% 

@endang

LENSAINDONESIA.COM: Sabtu, 19 April 2014 19:10 WIB | Editor: D Irianto
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger