BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, April 7, 2014

Orang Mati Masih Masuk DPT, PDI-P Siaga I



JAKARTA, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Tjahjo Kumolo menginstruksikan kepada semua kadernya di seluruh Indonesia untuk Siaga I dalam pelaksanaan Pemilu Legislatif 9 April mendatang.

"Diinstruksikan semua kader partai untuk Siaga I. Masih banyak laporan masalah di berbagai daerah," kata Tjahjo di Kantor DPP PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (7/4/2014) sore.

Tjahjo mengatakan, menjelang pelaksanaan pemilu legislatif yang tinggal dua hari, masih terdapat berbagai masalah. "Kami khawatir kotak suara dari kardus. Di Bekasi, orang meninggal dianggap masih hidup dan masuk DPT (daftar pemilih tetap)," ungkap Tjahjo.

Selain itu, Tjahjo juga mengkhawatirkan putusan-putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang dinilainya akan mengganggu pelaksanaan pileg mendatang. Padahal, menurutnya, peran MK yang bisa mengadili sengketa pemilu merupakan hal yang sangat penting.

Tjahjo meminta KPU dan Bawaslu memperjelas sikap mengenai putusan yang dibuat MK itu. "Misalnya soal putusan bahwa satu orang bisa mencoblos beberapa kali asal disetujui KPPS, putusan soal UU Pilpres, hingga soal quick count pemilu," ujarnya.

Tjahjo berharap, berbagai masalah yang masih terjadi itu dapat segera diselesaikan sehingga ke depannya tercipta pemilu legislatif yang berkualitas. "Intinya, kami siap sebagai pelaku yang akan ikut proses pileg secara demokratis, dan PDI-P juga siap mengawasi agar pileg berlangsung jujur dan adil, dan anti-politik uang," ujarnya.

Penulis : Ihsanuddin , Editor : Wisnubrata
KOMPAS.com —  Senin, 7 April 2014 | 20:06 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger