BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Wednesday, April 16, 2014

Partai Tengah Rebutan Tawarkan Cawapres


Antara-Akbar Nugroho Gumay


Jakarta - Sejumlah partai yang memperoleh suara kurang dari 10 persen mengincar posisi calon wakil presiden dalam pemilihan umum presiden pada Juli mendatang. Partai Amanat Nasional, misalnya, tetap mengajukan Hatta Rajasa sebagai calon wakil presiden. "Kami paling seksi. Kami nomor lima dan punya basis massa yang kuat," kata Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional Tjatur Sapto Edi, Selasa, 15 April 2014.

"Hatta koefisien geseknya mendekati nol," kata dia.

Alasan itu dipakai oleh politikus Partai Amanat Nasional untuk menawar posisi wakil presiden kepada Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ataupun Gerindra. Tjatur mengatakan daerah berharap Hatta berpasangan dengan Prabowo Subianto atau Joko Widodo.

Partai Kebangkitan Bangsa juga tetap menyorongkan calon wakil presiden. Ketua Dewan Pengurus Pusat PKB, Helmy Faishal Zaini, mengatakan dalam dua atau tiga hari ke depan PKB akan memastikan mitra koalisinya. Adapun PAN dan PKB berkomunikasi secara intensif dengan PDIP dan Gerindra.

"Di keduanya masuk tahap finalisasi," kata Helmy, sebelum diskusi umum di Syahida Inn, Kampus 2 UIN Syarif Hidayatullah, Ciputat, Banten, kemarin. PKB mengaku menyorongkan beberapa nama calon wakil presiden, yakni Muhaimin Iskandar, Rhoma Irama, Mahfud Md., dan Jusuf Kalla. "Pembicaraan koalisi menyangkut power sharing dalam pemerintahan.”

Anggota Majelis Syuro PKS, Hidayat Nur Wahid, mengatakan partainya belum memutuskan adanya rencana berkoalisi untuk mengusung pasangan calon presiden-wakil presiden. Keputusan koalisi akan dibahas seusai proses rekapitulasi suara. "Tak hanya Gerindra, kami berkomunikasi dengan semua."

Hidayat sendiri adalah satu dari tiga kandidat calon wakil presiden yang disorongkan PKS. Calon lainnya adalah Anis Matta dan Ahmad Heryawan. Ketiganya adalah pemenang seleksi internal partai tersebut. “Tapi siapanya, biarkan dibahas di tingkat pusat,”kata Aher—panggilan Ahmad Heryawan.

Adapun calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo, mengaku sudah memiliki lima kandidat calon wakil presiden pasangannya. Namun, ia belum mau mengungkapkan siapa mereka. "Pokoknya nantilah, kalau sudah siap baru saya umumkan," kata dia, di Taman Suropati, Jakarta, kemarin.


ANANDA TERESIA | IRA GUSLINA SUFA | AHMAD FIKRI | KHAIRUL ANAM


 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger