BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, April 7, 2014

PDI-P Siapkan 220 Ahli TI untuk Awasi Hasil Pemilu




JAKARTA, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) menyiapkan 220 relawan yang ahli dalam bidang teknologi informasi (TI) untuk mengawasi penyelenggaraan pemilu legislatif 9 April mendatang. Nantinya, mereka akan dibagi ke dalam dua shift dan akan bekerja selama 24 jam untuk memonitor hasil pemilu dari 110 komputer yang telah disiapkan.
 
"Kita ingin pemilu fair, kita tidak mau dicurangi kembali," kata Sekretaris Jenderal PDI-P Tjahjo Kumolo saat mengajak wartawan memantau sistem TI di kantor DPP PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (7/4/2014) sore.

Di lantai 2 DPP PDI-P terdapat 75 komputer yang disiapkan untuk 150 orang relawan. Menurut Tjahjo, sistem TI di ruangan ini disiapkan khusus untuk memonitor perolehan suara PDI-P di setiap daerah pemilihan.

"Nanti perolehan suara bisa kita detect dari sistem yang kita bangun ini. Bukan kita tidak percaya dengan KPU (Komisi Pemilihan Umum), tapi setidaknya nanti ada pembanding. Kalau hasil dari KPU berbeda dengan punya kita, bisa dibawa ke MK," jelas Tjahjo.

Sementara ruangan di lantai 1 PDI-P terdapat 35 komputer untuk digunakan oleh 70 relawan. Tjahjo mengatakan, sistem TI di ruangan ini bertujuan untuk memantau kegiatan partai dan caleg di setiap daerah.

"Jadi kalau ada caleg kita yang melanggar, melakukan hal yang tidak sesuai, kita bisa tahu," ucap Tjahjo.

Tjahjo mengklaim standar sistem yang dimiliki partainya setara dengan sistem di KPU, bahkan intelijen sekalipun. Relawan yang digunakan juga, menurut dia, sangat profesional dan terlatih. "Beberapa ada yang punya keahlian hacker juga," pungkasnya.

Penulis : Ihsanuddin , Editor : Sandro Gatra
KOMPAS.com - Senin, 7 April 2014 | 16:14 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger