BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Friday, April 4, 2014

Pendukung Demokrat Lebih Pilih Jokowi, Apa Komentar "Jagoan" Konvensi?




JAKARTA, Pendukung Partai Demokrat pada Pemilu Legislatif 2014 disebut lebih banyak yang mendukung bakal calon presiden Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Joko Widodo alias Jokowi, dibanding peserta Konvensi Partai Demokrat. Hal itu terungkap melalui survei yang dilakukan Roy Morgan. (Baca: "Survei: Pendukung Demokrat Lebih Banyak Pilih Jokowi Dibanding Dahlan").Apa kata para peserta konvensi atas survei ini?

Dahlan Iskan, salah satu peserta yang menempati urutan teratas survei konvensi, menanggapi santai hasil survei Roy Morgan tersebut.

"Enggak apa-apa, enggak masalah," kata Dahlan, Kamis (3/4/2014) di Jakarta. 

Menurut Dahlan, survei seperti itu sah-sah saja untuk mengukur dan memprediksi hasil pemilu mendatang.

"Itu kan proses demokrasi," ujarnya.

Ketika ditanya apakah siap bersaing dengan Jokowi, ia enggan menjawabnya. Dahlan mengatakan, saat ini ia tengah bersaing dengan peserta Konvensi Capres Partai Demokrat sehingga tak akan mengukur persaingan dengan calon di luar mereka.

Sementara itu, peserta lain Konvensi Demokrat, Anies Baswedan, menilai, pendukung Partai Demokrat cenderung memilih Jokowi karena capres konvensi belum dikerucutkan. Jika sudah mengerucut pada satu nama, ia yakin, siapa pun yang terpilih akan mampu bersaing dengan Jokowi.

"Saat ini kan kita sedang mencari yang terbaik untuk bisa bersaing dengan capres lain di luar sana. Nanti setelah 9 April kan akan dilanjutkan lagi konvensi," ujar dia.

Sebelumnya diberitakan, survei Roy Morgan menyatakan bahwa 28 persen responden pendukung Partai Demokrat mengaku akan memilih Jokowi. Sebaliknya, mereka yang mengaku akan memilih Dahlan Iskan hanya 13 persen. Hal tersebut tidak terjadi pada partai lain.
Menurut survei Roy Morgan, sebanyak 86 persen pendukung PDI-P akan memilih Jokowi. Sebanyak 84 persen pendukung Partai Gerindra akan memilih Prabowo Subianto. Sementara itu, 56 persen pendukung Partai Golkar akan memilih Aburizal Bakrie.

Penulis : Ihsanuddin , Editor : Inggried Dwi Wedhaswary 
KOMPAS.com —  Jumat, 4 April 2014 | 06:50 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger