BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Wednesday, April 16, 2014

Sekjen PDI-P Belum Tahu PKB Tawarkan Bakal Cawapres untuk Jokowi

Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo




JAKARTA, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Tjahjo Kumolo mengaku belum tahu soal tawaran bakal calon wakil presiden dari Partai Kebangkitan Bangsa kepada partainya. Namun, dia mengatakan PDI-P masih terbuka untuk partai mana pun menjajaki koalisi.
"Saya belum dengar," ujar Tjahjo, di kediaman Megawati, di Jalan Teuku Umar No 27, Jakarta Pusat, Selasa (15/4/2014). Dia mengatakan, sebelumnya memang sudah ada pembicaraan empat mata antara Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar dengan bakal calon presiden PDI-P Joko Widodo.

Namun, kata Tjahjo, hasil pertemuan Jokowi dengan Muhaimin tersebut langsung dilaporkan kepada Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. Menurut dia, saat ini Megawati dan Jokowi masih terus menginventarisasi nama-nama kandidat yang punya kemungkinan menjadi sosok bakal calon wakil presiden bagi Jokowi.

Tjahjo mengatakan, ada beberapa kriteria cawapres dari PDI-P. Kriteria pertama, orang tersebut dapat bekerja sama dengan Jokowi selama lima tahun. Kedua, kandidat itu punya komitmen yang sama untuk membangun pemerintahan presidensial.

Kriteria ketiga bagi bakal cawapres Jokowi, lanjut Tjahjo, adalah siap melaksanakan program pro-rakyat dan mampu mengimplementasikan ajaran Trisakti. Mengutip ajaran dari Presiden Soekarno, Trisakti adalah berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

PDI-P, Selasa malam, menggelar pertemuan yang dihadiri para ketua pengurus daerah partai itu bersama para gubernur dan wakil gubernur se-Indonesia yang berasal dari PDI-P. Pertemuan berlangsung di kediaman resmi Megawati, dengan agenda pemenangan Pemilu Presiden 2014.


KOMPAS.com -- Rabu, 16 April 2014 | 03:50 WIB
Penulis: Fathur Rochman
Editor : Palupi Annisa Auliani    
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger