BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, April 3, 2014

Survei SMRC: Jika Pilpres Saat Ini, Jokowi Menang Satu Putaran



JAKARTA,  Elektabilitas Joko Widodo atau Jokowi disebut terus naik setelah dideklarasikan sebagai bakal calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P). Bahkan, jika pemilu digelar saat ini, berdasarkan survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Jokowi akan memenangi pemilu presiden dalam satu putaran dengan suara di atas 50 persen.

"Bapak Joko Widodo bisa menang satu putaran. Dan ini secara statistik kuat," kata Direktur Riset SMRC Djayadi Hanan saat memaparkan hasil surveinya di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Kamis (3/4/2014).

Djayadi memaparkan, dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Jokowi menempati posisi pertama dengan angka 51,8 persen, diikuti bakal capres dari Partai Gerindra Prabowo Subianto (22,5 persen), dan bakal capres dari Partai Golkar Aburizal Bakrie (11,1 persen). Pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voters) sekitar 14,7 persen.

"Memang masih ada undecided voters. Kalau (14,7 persen) semua dikasih Prabowo atau Aburizal, Jokowi tetap menang. Apalagi kalau 14,7 persen dibagi rata," ucapnya.

Djayadi menambahkan, Jokowi juga unggul dalam simulasi 27 nama bakal capres dan pertanyaan spontan (top of mind). Dalam survei top of mind, Jokowi memperoleh 33,2 persen suara diikuti Prabowo (13,3 persen), Wiranto (7,6 persen), dan Aburizal (6,0 persen).

Survei berskala nasional ini diselenggarakan selama empat hari dari tanggal 26 hingga 29 Maret 2014. Data survei diperoleh dengan teknik wawancara melalui tatap muka di mana responden dipilih secara acak. Populasi survei adalah warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih dengan sampel sebanyak 2.050 responden.

Diperkirakan margin of error dalam survei ini berkisar 2,2 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Survei ini terselenggara atas kerja sama antara SMRC dan Sinar Harapan.

Penulis : Rahmat Fiansyah , Editor : Sandro Gatra 
KOMPAS.com — Kamis, 3 April 2014 | 20:08 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger