BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Tuesday, May 27, 2014

Ini Pakaian "Resmi" Jokowi-JK




JAKARTA,  Calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla menetapkan pakaian "resmi" keduanya dalam Pemilu Presiden 2014. Jokowi mengenakan kemeja kotak-kotak, sedangkan JK kemeja putih berlengan panjang.

Ketika acara Rapat Kerja Nasional II Nasdem di Hotel Mercure, Pademangan, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (27/5/2014), Jokowi mengungkapkan mengapa pakaian itu dipilih olehnya dan JK. "Kemarin kan pakai (kemeja) putih-putih. Eh, di sana juga pakai putih-putih," ujar Jokowi tanpa menyebutkan siapa pihak "sana" yang dimaksud.

"Padahal kan trendsetter-nya kita, yang di sana itu follower. Tapi, ya sudah, kita harus bangun diferensiasi yang jelas," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, penetapan kostum capres-cawapres itu sempat diuji coba, yakni dengan melakukan foto bersama. Jokowi mengenakan kemeja kotak-kotak, demikian juga JK. Kemudian dibalik, Jokowi mengenakan kemeja putih, JK memakai kotak-kotak, dan seterusnya hingga dirasa cocok.

"Pas saya pakai kotak-kotak, Pak JK juga, kok kelihatan muda sekali. Akhirnya, kita putuskan bersama tim, satu kotak-kotak, satu putih," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, pemilihan kostum dirinya serta Jusuf Kalla sudah final. Kostum itu akan dipertahankan hingga pemungutan suara 9 Juli 2014. Perbedaan baju mencerminkan Indonesia yang beranekaragam. "Bhinneka Tunggal Ika itu apa? Nah, itu maksud kami. Enggak perlu kita harus seragam. Di sini kotak-kotak, di sana putih," ujarnya.

Selain itu, perbedaan kostum memiliki makna saling melengkapi. Jokowi mempunyai karakter dinamis, pekerja keras, dan berasal dari kaum muda. Adapun JK mempunyai karakter matang dalam kepemimpinan serta memiliki pengalaman di bidang pemerintah. "Tapi, tetap sinergis," kata Jokowi.


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Laksono Hari Wiwoho

KOMPAS.com —Selasa, 27 Mei 2014 | 16:17 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger