BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Saturday, May 10, 2014

Kata Jokowi soal Pemerataan Pembangunan...




MAKASSAR, Dalam kunjungannya ke kantor redaksi Tribun Makassar, Sabtu 910/5/2014), calon presiden dari PDI Perjuangan, Joko Widodo atau Jokowi, mengatakan bahwa pemerataan pembangunan perlu didukung dengan pembangunan sarana dan prasarana penghubung antarpulau.


"Saya tidak bicara timur, tengah, atau barat. Saya kira kalau pulau-pulau besar saling terkoneksi, selesai masalahnya," jawab Jokowi atas pertanyaan Pemimpin Redaksi Tribun Makassar Dahlan Dahi tentang pemerataan pembangunan.

Menurut Jokowi, koneksi antarpulau di Indonesia dapat menggunakan transportasi laut seperti kapal-kapal kargo di sejumlah kota besar di Indonesia. Dapat pula dengan membangun tol atas laut yang menghubungkan pulau-pulau tersebut. Dengan pembangunan deep sea port, Jokowi berharap pengangkutan komoditas dari satu pulau ke pulau lainnya dapat dilakukan dalam jumlah besar. Dengan demikian, harga distribusi pun bisa lebih murah daripada menggunakan kapal kecil. Baru setelah didistribusikan, kapal sedang atau kecil melanjutkan distribusi ke daerah di sekitarnya.

"Saya 27 tahun ya pegang ekspor impor. Bayangin saja, ngirim barang ke Papua jauh lebih mahal dari ke Eropa," kata mantan pengusaha mebel tersebut.

Mengenai wacana pembangunan tol di atas laut, Jokowi mengatakan bahwa prasarana transportasi ini memudahkan pendistribusian komoditas dua pulau. Dengan begitu, ia yakin bahwa pembangunan Indonesia dapat merata dengan ongkos distribusi yang jauh lebih murah.


Penulis: Fabian Januarius Kuwado
Editor : Laksono Hari Wiwoho

KOMPAS.com - Sabtu, 10 Mei 2014 | 22:08 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger