BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, May 5, 2014

"Mempertahankan Suara bagi Jokowi Lebih Penting daripada Menambahnya"





JAKARTA, Pengamat politik dari Universitas Gadjah Mada Kuskrido Ambardi mengatakan, bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo alias Jokowi sebaiknya fokus pada usaha mempertahankan dukungan yang diperolehnya agar tidak tergerus. Menurutnya, tingkat dukungan untuk Jokowi berdasarkan hasil survei berbagai lembaga survei masih menonjol dibandingkan bakal calon presiden lainnya.

“Menurut saya mempertahankan suara bagi Jokowi lebih penting daripada menambahnya,” ujar pria yang akrab disapa Dodi ini saat dihubungi Kompas.com, Senin (5/5/2014).

Salah satu cara untuk mempertahankan dukungan itu, menurut Dodi, telah ditunjukkan Jokowi dengan berkunjung ke Jawa Tengah dan Jawa Timur akhir pekan lalu. Jokowi dinilai tengah memperkuat dukungan dengan menemui tokoh-tokoh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah.

Meskipun begitu, menurutnya, dukungan tokoh-tokoh tersebut sifatnya sekunder sehingga tidak berpengaruh banyak pada peningkatan elektabilitas.

“Suara dukungan dari aliansi Islam itu kan sifatnya sekunder. Yang perlu dipertahankan oleh Jokowi adalah suara yang selama ini diperolehnya,” ujar Dodi.

Dodi menilai, kedatangan Jokowi atau bakal capres lain ke para pemimpin kelompok Islam penting untuk membangun citra dan menarik dukungan. “Ormas Islam menjadi penting posisinya karena akan memberikan stempel bagi masing-masing kandidat bahwa mereka adalah kandidat yang ramah terhadap komunitas Islam,” ujarnya.

Penulis: Ambaranie Nadia Kemala Movanita
Editor : Sandro Gatra

KOMPAS.com – Senin, 5 Mei 2014 | 11:27 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger