BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, May 12, 2014

PDI-P: Sempurna, Koalisi dengan PKB-Nasdem





JAKARTA, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) secara resmi menggandeng Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasdem sebagai mitra koalisi untuk menghadapi Pemilu Presiden 2014. Wakil Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto menilai bahwa koalisi PDI-P, PKB, dan Partai Nasdem adalah koalisi sempurna.

"Kami melihat kerja sama kami, PKB dan Nasdem, kerja sama yang sangat sempurna. Sudah mewakili dari aspek konfigurasi politik Indonesia secara kultural, sosiologis, serta kesejarahan," kata Hasto di Kantor DPP PDI-P, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (12/5/2014).

Menurut Hasto, PKB memiliki basis massa tradisional yang kuat. Menurut dia, warga Nahdliyin dan kaum Marhaen berada dalam lapisan sosial masyarakat yang sama, yakni kerap menjadi korban dari ketidakadilan akibat kebijakan ekonomi pemerintah.

"Nasdem juga memiliki basis-basis dalam kampanye modern. Begitu pula dengan spirit perubahan, restorasi Indonesia," ucapnya.

Selain itu, dia menambahkan, secara konstitusional, koalisi ketiga partai itu juga sudah memenuhi persyaratan untuk mengajukan calon presiden dan calon wakil presiden dalam pemilu presiden 9 Juli nanti.

Dalam pemilu legislatif kemarin, PDI-P memperoleh 18,95 persen suara, Nasdem 6,72 persen suara, dan PKB 9,04 suara. Adapun persyaratan ambang batas presiden dalam UU Pilpres ialah 20 persen perolehan kursi DPR atau 25 persen perolehan suara sah nasional.

"Dengan dukungan PKB dan Nasdem, kami merasa optimistis dalam pilpres dengan mengusung Pak Jokowi akan mendapat dukungan rakyat," imbuhnya.

Meski demikian, Hasto mengatakan, PDI-P masih terbuka apabila ada parpol lain yang tertarik bergabung. Dia menilai bergabungnya parpol lain akan menjadi amunisi tambahan untuk menghadapi persaingan yang ketat dalam pilpres mendatang.

"Tapi, kalau memang hanya ini (PKB dan Nasdem) yang ada, kami siap dengan penuh percaya diri untuk memenangi pilpres yang akan datang," ujarnya.


Penulis: Rahmat Fiansyah
Editor : Sandro Gatra

KOMPAS.com — Senin, 12 Mei 2014 | 19:12 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger