BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Saturday, May 3, 2014

PKB: 62 Persen Massa NU Pendukung Jokowi

Jokowi dan Syafii Maarif, Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah



Sleman - Mantan Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Syafii Maarif menanyakan dukungan Partai Kebangkitan Bangsa terhadap calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Joko Widodo. Pertanyaan itu dilontarkan sebagai gurauan saat Syafii berbincang dengan Jokowi di rumahnya di Kelurahan Nogotirto, Kecamatan Gamping, Sleman, Sabtu, 3 Mei 2014.

"Ini PKB ikut, terus (koalisi) ke Jokowi bagaimana?" tanya Syafii. Pertanyaan itu didengar oleh peserta rombongan Jokowi, yaitu Ketua Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa Marwan Ja'far dan Effendy Choirie dari Partai Nasional Demokrat.


Mengetahui dirinya ditanya, Marwan merespons. Sembari mengacungkan jempol, dia menjawab, "Sudah jelas, Buya (sapaan Syafii)."

Jawaban dari Marwan ini disambut celetukan Effendy Choirie. "Kalau NasDem ini kan assabiqunal awwalun (pendukung paling awal)," ujar Effendy. "Setelah ini, PKB yang merapat ke Jokowi, Buya." Tawa pun berderai di ruang pertemuan tersebut.

Effendy juga sempat menggoda Marwan dengan kata, "Nanti ganti lagi." Marwan lantas menjawab "Enggak-enggak, 62 persen Nahdlatul Ulama itu pendukung Jokowi". Jokowi hanya tersenyum menampakkan giginya ketika mendengar kelakar itu.

Selain didampingi dua tokoh partai lain, rombongan Jokowi juga terdiri atas Wakil Sekretaris Jenderal Ahmad Basarah, Sekretaris DPD Yogyakarta Bambang Prasetyo, politikus senior PDI Perjuangan: Idham Samawi. Buya menyambut mereka di ruang tamu, disertai sejumlah tokoh Muhammadiyah, seperti Abdul Munir Mulkhan.

Jokowi hari ini bertolak ke Yogyakarta. Di Yogyakarta, Jokowi berkunjung ke rumah Syafii dan Taman Siswa. Petinggi Partai Kebangkitan Bangsa turut mendampingi Jokowi.

Siangnya, Jokowi terbang menuju Surabaya. Dari Kota Pahlawan, Jokowi memulai tur dengan mengunjungi Ketua Umum Muslimat Nadhlatul Ulama Khofifah Indar Parawansa. Perjalanan dilanjutkan ke pondok pesantren di Pacul Gowang, Tambak Beras, dan Tebu Ireng.

Pada Ahad, Jokowi menuju Rembang, Jawa Tengah, untuk berkunjung ke sejumlah ulama NU. Ulama yang ditemui di Jawa Tengah seperti KH Munif Zuhri dari Pondok Pesantres Giri Kusumo, Mranggen, Demak. Jokowi juga berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang dan Pondok Pesntren Alfadllu.

SUNDARI

TEMPO.CO, Sabtu, 03 Mei 2014 | 12:41 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger