BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, June 26, 2014

Survei LIPI: Elektabilitas Jokowi-JK 43 Persen, Prabowo-Hatta 34 Persen




JAKARTA, Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2P LIPI) merilis hasil survei nasional terkait peta dukungan kepada calon presiden dan calon wakil presiden dalam pemilu presiden mendatang. Dalam survei tersebut, pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul atas pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla unggul 43 persen. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mendapat 34 persen," kata peneliti P2P LIPI, Wawan Ichwanuddin, di Auditorium LIPI, Jakarta, Kamis (26/6/2014).

Wawan mengatakan, tingkat keterpilihan ini didasarkan pada pertanyaan penelitian "jika pemilihan presiden diselenggarakan pada hari ini, siapakah yang akan Anda pilih?"

Dia pun menegaskan, survei tersebut hanya melakukan pemotretan persepsi masyarakat dalam rentang waktu tertentu.

"Dalam survei ini juga masih ada 23 persen responden yang belum menentukan pilihan atau undecided voters," ucap staf pengajar Ilmu Politik Universitas Indonesia itu.

Penelitian yang dilakukan secara nasional tersebut dilakukan dari tanggal 5 Juni sampai 24 Juni 2014. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan sampel sebanyak 790 responden.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode multistage random sampling. Berdasarkan jumlah sampel ini, diperkirakan margin of error sebesar kurang lebih 3,51 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Seluruh biaya kegiatan survei ini bersumber pada dana DIPA (negara).


Penulis: Rahmat Fiansyah
Editor : Sandro Gatra

KOMPAS.com - Kamis, 26 Juni 2014 | 16:08 WIB
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger