BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Thursday, July 16, 2015

Menteri Agama Tetapkan Idul Fitri 1436 H pada Jumat Besok




JAKARTA,  Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menetapkan hari raya Idul Fitri 1436 Hijriah di Indonesia pada Jumat (17/7/2015). Keputusan ini diambil setelah peserta sidang isbat menyepakati bahwa hilal telah terlihat di sejumlah lokasi di Tanah Air.

Dalam jumpa pers seusai sidang di Kementerian Agama, Kamis (16/7/2015) petang, Lukman mengatakan bahwa posisi hilal telah terlihat setidaknya di empat tempat di Indonesia. Keempat tempat itu meliputi tiga tempat di Jawa Timur, yakni Bukit Condrodipo, Gresik; Tanjung Kodok, Lamongan; dan Bojonegoro. Hilal juga terlihat dari Kepulauan Seribu, Jakarta.

Dengan kondisi tersebut, Lukman menyatakan bahwa pemerintah menetapkan awal bulan Syawal telah dimulai, dan besok semua umat Islam di Indonesia dapat melaksanakan shalat Id bersama-sama.

"Semua peserta menyepakati bahwa malam ini kami sudah memasuki 1 Syawal," ujar Lukman.

Lukman mengatakan, posisi hilal kali pertama diketahui melalui pemantauan tim hisab dan rukyat di Palabuhan Ratu, Jawa Barat. Dalam pemantauan tersebut diketahui bahwa tinggi hilal mencapai 3,11 derajat, jarak antara bulan dan matahari sejauh 5,7 derajat, dan umur hilal 9 jam. Hasil pemantauan tersebut telah melebihi ukuran minimal yang disepakati beberapa negara di Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura.

KOMPAS.com — Kamis, 16 Juli 2015
Penulis :Abba Gabrillin
Editor :Laksono Hari Wiwoho
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger