BREAKING NEWS
.

POLITIK

OPINI & ANALISA

AGENDA & RELAWAN

Monday, November 2, 2015

Partai Lain Bisa Contoh NasDem Pecat Kader yang Jadi Tersangka Korupsi

Surya Paloh - Foto: Grandyos Zafna (detikcom)

Jakarta - Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis memandang Partai NasDem sebagai contoh yang baik dalam konsistensi penegakan hukum, khususnya pemberantasan korupsi.

Selain pemberhentian kader yang diduga terindikasi kasus korupsi, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh kata Margarito juga memperlihatkan sikap jantan dengan tidak bersembunyi dan bahkan meminta KPK untuk merekontruksi pertemuan di DPP Partai NasDem yang melibatkan Gubernur Sumatera Utara (Sumut) non aktif Gatot Pujo Nugroho.

"NasDem memberikan pembelajaran yang bagus. Beliau (Surya Paloh) tidak sembunyi atau melakukan perlawanan dan memenuhi panggilan KPK lebih awal dan menerangkan soal pertemuan, bahkan meminta rekontruksi," kata Margarito kepada wartawan, Minggu (1/11/2015).

NasDem tanpa kompromi memang memberhentikan Rio Capella dari jabatan Sekjen sesaat setelah KPK menetapkan Rio sebagai tersangka. Meskipun Rio Capella mengaku telah mengembalikan uang yang diterimanya.

"Ini sangat menarik, Rio ternyata dua kali mengembalikan uang ke Siska, dan Rio mengaku tidak tahu asal-usul uang itu," jelas Margarito.

Sebelumnya, NasDem juga memberhentikan OC Kaligis juga karena jadi tersangka KPK. Padahal saat itu Kaligis menjabat sebagai Ketua Mahkamah partai.

Dalam kasus Rio Capella, KPK juga telah memeriksa Ketum NasDem, Surya Paloh. Paloh pun memenuhi panggilan KPK, bahkan datang lebih cepat dari yang dijadwalkan penyidik karena Paloh mengaku memiliki urusan penting lain di hari yang ditetapkan penyidik untuk pemeriksaan.


(Hbb/Hbb)
 
Copyright © 2013 JokoWidodo.ORG
Powered by Blogger